2010-12-21

Motivasi Bisnis

Untuk sebagian orang, memulai bisnis adalah sesuatu yang menakutkan. Ciri-cirinya ialah dia punya keinginan bisnis, tetapi tidak juga memulainya. Dia mengatakan akan memulai bisnis setelah punya modal. Saat modal didapat, bisnis tidak juga mulai dengan alasan baru. Bayangan akan kehilangan uang muncul di dalam kepala kita, sehingga muncul niat membatalkan bisnis meski pun sudah memiliki modal. Dia mengatakan, saya akan memulai bisnis jika sudah ini dan itu (banyak sekali alasan).

Anda termasuk orang seperti ini? Mau bisnis tetapi tidak mulai juga? OK, mari kita bahas bagaimana caranya agar kita tidak lagi takut, tetapi bukan nekat. Bukan hanya motivasi, tetapi ada strateginya agar tidak takut. Bisnis apa? Ya, bisnis secara umum, online maupun offline.

Tips 1 Memulai Bisnis: Nyalakan Lampu

Biasanya salah satu penyebab kita takut adalah kegelapan. Mungkin waktu dulu kita masih kecil, kita akan ketakutan jika gelap atau masuk ke tempat yang gelap. Jangankan waktu masih kecil, saat sudah dewasa pun seharusnya memang takut kecuali kita sudah mengenal tempatnya. Tempat yang gelap memang berbahaya (bukan karena takut hantu) tetapi bisa saja ada halangan, jebakan, atau lubang yang bisa mencelakai juga.

Kita akan lebih berani jika tempat tersebut ada cahaya. Jalan terlihat, halangan terlihat, jebakan terlihat, dan lubang pun terlihat. Ketakutan kita berubah, bahkan bisa hilang.

Begitu juga dalam bisnis. Banyak orang yang takut memulai bisnis karena dia masih “gelap” menjalankan bisnis. Bagaimana kalau produk saya tidak laku? Bagaimana jika saya kena tipu? Bagaimana cara menjual produk? Bagaimana … bagaimana … dan seterusnya.

Nyalakan lampu, lampu itu tiada lain adalah ilmu. Ilmu bisa didapatkan dengan cara belajar, baik membaca buku, membaca ebook, mengikuti pelatihan, mengikuti seminar, menonton video, magang, atau belajar pada pengalaman sendiri.

Anda akan rasakan, dunia bisnis akan terlihat lebih terang setelah Anda mendapatkan ilmunya.

“Yang penting praktek, bukan ilmu!” (suka ada yang protes seperti ini)

Justru itu, kita mencari ilmu supaya kita bisa praktek dengan benar. Supaya ada cahaya saat kita akan masuk ke dalam kegelapan bisnis. Dengan ilmu, insya Allah kita akan lebih berani menjalankan bisnis. Kita akan memulai bisnis tanpa takut, setidaknya dengan ketakutan yang berkurang.

Tips 2 Memulai Bisnis: Carilah Teman

Pernahkan Anda meminta ditemani ibu Anda saat ketakutan? Atau minta diantar ke suatu tempat yang ditakuti? Begitu juga dalam memulai bisnis. Jika Anda takut, carilah teman. Kata KH Zainuddin MZ, 1 orang takut ditambah 1 orang takut menjadi 2 orang agak berani. Apalagi, jika Anda mengajak orang yang memang berani, akan lebih berani. Terlebih, bukan hanya ditemani oleh orang yang berani, tetapi memiliki kemampuan untuk mengatasi semua hal yang ditakutkan, pastinya kita akan terbawa berani.

Jika Anda ingin memulai bisnis tapi takut, Anda bisa mengajak orang lain. Bisa kerja sama sesama pebisnis yang sama-sama takut. Mengajak kerja sama dengan orang yang berani bisnis, bahkan mengajak orang yang sudah ahli dan pengalaman dalam berbisnis. Jika tidak, Anda bisa mencari pembimbing, yaitu orang yang memiliki ilmu dan pengalaman dalam bisnis.

Tips 3 Memulai Bisnis: Siapkan Perbekalan dan Senjata

Seorang prajurit, akan lebih berani melawan musuh saat memiliki senjata. Jika dia tidak memiliki senjata, dia akan ketakutan bahkan tidak akan mau melawan musuh. Oleh karena itu, prajurit berperang selalu membawa senjata dan perbekalan.

Source

0 komentar:

All about drazs

Comments


Entri Populer