2010-12-21

Ingin Punya Bisnis Sendiri

Memiliki bisnis sendiri adalah keinginan banyak orang. Sayangnya keinginan tinggal keinginan. Banyak orang yang sudah bertahun-tahun mengatakan ingin memiliki bisnis tetapi bisnis tidak dimilikinya juga.

“Tapi… membangun bisnis itu tidak mudah.” Kata mereka.

Saya setuju. Memiliki bisnis sendiri memang tidak mudah. Berbeda dengan kebanyakan pelatih lainnya yang selalu mengatakan mudah, saya mengatakan tidak mudah. Tapi… saya yakin semua orang bisa membangun bisnis sendiri. Kuncinya ialah tahu caranya.

Tidak ada bisnis yang mudah. Saya ulangi: tidak ada bisnis yang mudah. Untuk memiliki bisnis sendiri ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan

Pertama: membangun bisnis sendiri yang mudah memulainya. Mungkin bisnis yang tidak memerlukan keterampilan tinggi dan modal yang sedikit. Mudah? Tidak, sebab orang lain pun akan mudah memulai bisnis yang sama dengan kita. Akhirnya akan banyak orang yang menjalankan bisnis yang sama, berebut pangsa pasar dan margin keuntungan yang kecil. Bisnis seperti ini tidak mudah untuk sukses bahkan sekedar untuk bertahan. Anda harus melakukan usaha ekstra untuk membesarkannya.

Kedua: Anda membangun bisnis yang sedikit persaingannya. Biasanya bisnis yang memerlukan modal besar dan/atau sulit dilakukan. Orang lain akan sulit meniru bisnis Anda sehingga persaingan tidak terlalu ketak. Untuk memulai bisnis seperti ini biasanya lebih sulit. Tetapi untuk berhasil akan jauh lebih mudah karena saingan sedikit.

Anda bisa saja memiliki bisnis sendiri yang mudah dimulainya. Dengan penghasilan yang kecil dan dijalankan sendiri. Meski pun ada yang mengatakan bahwa hal seperti ini bukanlah bisnis. Ini adalah dagang. Tetapi tidak apa-apa untuk langkah awal. Dagang memang langkah awal untuk menjadi pebisnis.

Yang penting adalah Anda jangan berhenti sampai disana. Jika awalnya Anda sebagai seorang pedagang pulsa, maka miliki visi untuk menjadi juragan pulsa. Jika awalnya Anda berdagang bakso, maka miliki visi untuk menjadi juragan bakso. Sudah banyak contoh orang yang sukses dengan cara seperti ini. Anda pun bisa, Anda pun bisa memiliki bisnis sendiri yang besar.

Kenapa saya begitu menganjurkan umat Islam untuk memiliki bisnis? Dakwah dan jihad memerlukan biaya. Masih banyak anak-anak Muslim yang belum mengenyam pendidikan yang layak. Masih banyak pengangguran Muslim di Indonesia ini. Supaya tidak ada lagi pelaran berjilbab bagi Muslimah. Belum lagi, masih banyak saudara kita di belahan bumi sana yang memerluka bantuan kita.

Source

0 komentar:

All about drazs

Comments


Entri Populer